top of page
  • Writer's pictureMemo

Expanding My Professional Network at Victoria University - Dina

Updated: May 14, 2020

Siti Raudina Carmelia Putri (Dina)

Master of International Community Development

Institusi yang diambil: Victoria University

Recruiting Office: Superstar Education Kelapa Gading


Halo kawan-kawan Superstar Education! Nama saya Dina. Selulusnya dari SMA di Banjarmasin, saya melanjutkan kuliah S1 di President University, Cikarang. Saya memang punya keinginan untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri dan saya punya kriteria khusus dalam mencari universitas: jumlah pelajar Indonesia-nya jangan terlalu mendominasi alias jangan terlalu banyak. Mengapa kok saya punya kriteria ini? Sebab saya ingin betul-betul mengembangkan Bahasa Inggris saya serta memperluas professional network saya. Kan sayang, sudah bayar uang kuliah mahal-mahal, tapi teman sekelasnya ternyata sebagian besar berasal dari negara yang sama. Toh di luar kampus saya tetap bisa bergabung di komunitas pelajar dan masyarakat Indonesia. Saya memilih program ini karena ingin melanjutkan bidang yang sesuai dengan S1,


dan program yang saya pilih ini bagus untuk perkembangan karir saya nanti. Saya tertarik dengan masalah-masalah sosial, isu atau permasalahan di komunitas, dan memberikan solusi untuk permasalahan tersebut. Saya betul-betul merekomendasikan Victoria University karena dosen-dosennya sangat berkualitas dan staf pendukung (terutama International Office) sangat tanggap dalam membantu siswanya.


Australia menjadi pilihan saya karena lokasinya tergolong dekat dengan Indonesia. Orangtua saya juga tidak keberatan dengan pilihan ini karena dari sisi jarak dan waktu cukup mudah untuk menghubungi dan mengunjungi saya. Salah satu hal yang cukup ‘menantang’ adalah cuaca. Kota tempat saya kuliah ini terkenal akan ‘4 musim dalam satu hari’, jadi pagi hari bisa dingin menggigil, lalu siang agak terik. Terlepas dari faktor cuaca, hal-hal lain sangat memudahkan kita untuk beradaptasi. Sarana umum, seperti kereta atau tram, sangat bagus. Restoran dan supermarket yang menjual makanan Asia/ Indonesia juga cukup banyak.

Dengan kuliah di Australia, saya betul-betul bisa belajar mandiri. Dulu waktu saya kuliah di Cikarang, bila ada permasalahan, orang tua bisa langsung terbang dari Banjarmasin untuk membantu. Tapi disini, saya harus bisa mandiri. Saya belajar mengatur uang dalam arti sebenarnya. Biaya hidup di Australia tidak semahal yang dikira orang, yang penting kita harus bisa mengatur pengeluaran uang kita dengan baik. Yuk, ikut kuliah ke Melbourne Bersama saya melalui Superstar Education.

4 views0 comments
bottom of page