top of page

Ingin Berkontribusi untuk Tanah Air dengan Ilu dari RMIT - Regina Suwono

Updated: May 14, 2020

Bachelor of Communication (Public Relations)

RMIT University

Recruiting Office: Superstar Education Melbourne




Sebelum kuliah di Australia, saya sudah sempat merasakan sekolah di luar negeri, tepatnya saat SMA di Singapura. Suasana kuliah di kota Melbourne tentunya sangat berbeda dengan Singapura yang serba terlalu cepat. Di Melbourne, suasana kota sangat mendukung pelajar internasional untuk menikmati atmosfer belajar sambil mengeksplorasi berbagai hal baru.

Saya memilih untuk menempuh Bachelor of Communication (Public Relations)di RMIT karena kurikulum yang unggul: sangat praktis. Banyak kawan saya yang mengutamakan faktor ranking universitas pada saat memilih universitas.


Bagi saya, ranking universitas memang penting, namun setiap universitas mempunyai keunggulan di bidang masing-masing. Tiap universitas mempunyai kurikulum yang berbeda, dan RMIT mempunyai jurusan Public Relations yang boleh dibilang terbaik di Australia. Pelajaran yang diberikan di kelas tidak semata-mata teori. Hal ini sangat berbeda dengan universit

as lain yang hanya berfokus di essay. Sejak semester pertama kami sudah harus melakukan presentasi dan debat, tidak ha

nya mengarang essay. Kami sudah biasa pitching atau menjual ide ke beberapa perusahaan startups. Salah satu pengalaman saya adalah pada saat kami harus membuat strategic planning untuk perusahaan minuman energi di Australia.


Faktor lain yang menyebabkan saya memutuskan untuk memilih RMIT adalah jumlah pelajar di program ini tidak terlalu banyak. Di Dalam satu kelas, hanya terdapat sekitar 15-20 pelajar, dan rata-rata mereka adalah pelajar lokal. Saya sangat beruntung karena saya merupakan satu-satunya pelajar Asia di kelas saya, jadi Bahasa Inggris saya maju dengan sangat pesat dan jaringan pertemanan saya juga menjadi luas.



Untuk mengimbangi suasana kelas yang ‘didominasi’ oleh pelajar lokal, saya aktif di asosiasi pelajar Indonesia, PPIA RMIT. Tahun ini adalah tahun keempat saya ikut di PPIA RMIT dan tahun ini saya menjadi Project Manager untuk salah satu acara tahunan terbesarnya, yaitu Project O. Apa yang saya pelajari di jurusan saya, betul-betul dapat dipraktekkan didalam organisasi PPIA RMIT dan Project O ini. Saya dapat dengan cukup mudah melakukan pitching kepada pihak sponsor serta melakukan negosiasi dengan perusahaan.




Selulusnya saya dari Bachelor of Communications (Public Relations) di RMIT, saya ingin menyumbangkan ilmu saya untuk memajukan tanah air saya. Bila memungkinkan, saya ingin bekerja di bidang komunikasi di Badan Ekonomi Kreatif. Disamping itu saya juga ingin memulai membuat bisnis sendiri di bidang entertainment atau leisure. Terima kasih kepada Superstar Education yang telah menjadi bagian dari perjalanan pendidikan saya selama di kota Melbourne.

3 views0 comments
bottom of page