top of page
  • Writer's pictureMemo

Accelerate My Career with Monash Degree - Jonathan

Updated: May 14, 2020

Master of Data Science at Monash University

Recruiting Office: Superstar Education Jakarta


Halo para kawan-kawan pelajar semua! Perkenalkan nama saya Jonathan. Saya sudah kuliah di Australia sejak beberapa tahun yang lalu. Saya sangat menyukai pelajaran yang berhubungan dengan statistik dan matematika. Awalnya saya menempuh program Bachelor of Commerce (Finance and Economics)di Deakin University. Saat ini saya sedang menyelesaikan semester kedua di Monash University. Program yang saya ambil adalah Data Science.

Mungkin banyak orang tua murid ataupun kawan-kawan pelajar yang kurang begitu familiar dengan program ini. Master of Data Science atau MDS mengajarkan cara mengeksplorasi data dan menemukan potensi dari data yang ada, misalnya bagaimana mencari solusi inovatif pada permasalahan-permasalahan di bidang science, bisnis dan juga pemerintahan.


Data is very valuable, dan didalam program MDS kita diajarkan untuk mengatur data dan mendapatkan pemahaman atas dampak atau pengaruh dari suatu data. Program ini dapat ditempuh dalam durasi 1.5 tahun atau 2 tahun, dan terbuka bagi mereka yang memiliki latar belakang akademik non-IT. Program MDS sendiri berada dibawah Faculty of Information Technology.



Tentunya saya sangat merekomendasikan MDS di Monash University karena kita tidak hanya belajar dan berfokus pada teori saja, tapi kita juga ada komponen praktik yang seimbang. Dosen-dosennya juga merupakan expertdi bidang mereka; they’re from the industry.

Sebagai pelajar yang suka akan statistik dan matematika, dan pernah kuliah dibidang finance dan economics, saya berusaha menggunakan masa liburan saya untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan berhubungan dengan latar belakang Pendidikan saya, antara lain magang. Tiga perusahaan terakhir tempat saya magang adalah, Chubb Insurance, Ernst & Young dan KPMG.


Pengalaman magang atau internship ini sangat penting karena selain menunjang resume/ CV kita, kita pun dapat menerapkan apa yang sudah dipelajari di bangku kuliah di dunia kerja yang nyata. Saya yakin dengan kualifikasi dan ilmu yang saya dapatkan dari Monash University, ditambah pengalaman magang saya, saya bisa bersaing di dunia kerja.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada konselor Superstar Education yang sabar dalam menjawab pertanyaan saya, dan juga teliti dalam pengerjaan aplikasi dan Student Visa saya.


8 views0 comments
bottom of page